Proses Terkenanya Kanker

Proses Terkenanya Kanker – Sel sel yang telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normal, yang sehingga pertumbuhan tidak sangat teratur disebut dengan penyakit kanker. Proses terkenanya kanker dari berbagai jaringan dalam berbagai organ. Sejalan dengan pertumbuhan dan pembiakan, sel sel kanker akan membentuk suatu massa dari jaringan ganas menyusup ke jaringan di dekatnya dan akan bisa menyebar (metastasis) ke seluruh tubuh manusia.

Proses Terkenanya Kanker

Proses Terkenanya Kanker

Sel sel kanker dibentuk dari sel sel normal dalam suatu proses yang rumit disebut dengan transformasi, yang terdiri dari tahap inisiasi dan promosi. Pada tahap inisaisi terjadi suatu perubahan dalam bahan genetik sel sel ganas memancing.  Perubahan dalam bahan genetik sel ini bisa saja disebabkan suatu agen yang disebut karsinigen, yang bisa bahan kimia, virus, radiasi (penyinaran) atau matahari. Tetapi tidak semua sel memiliki kepekaan yang sama untuk suatu karsinogen. Kelainan genetik dalam sel atau bahan lainnya, yang disebut dengan promotor, menyebabkan sel lebih renta terhadap suatu karsinogen. Bahkan gangguan fisik dapat membuat menahun pun sel menjadi lebih peka untuk memiliki keganasan.

Pada tahap promos, suatu sel yang telah mangalami inisiasi akan menjadi ganas. Sel yang belum melewati tahap inisiasi tidak akan terpengaruh oleh kampanye. Karena itu sangat diperlukan beberapa faktor untuk terjadinya keganasan (gabungan dari sel yang peka dan suatu karsinogen). Dalam sebuah proses di  mana sel normal akan menjadi sel ganas,  pada akhirnya DNA dari sel sel ini bisa saja akan mengalami perubahan. Dalam perubahan ini bahan genetik sel sering sulit  ditemukan, tetapi kadang kadang kanker dapat diketahui dari adanya suatu perubahan dalam ukuran atau bentuk kromosom tertentu. Misalnya kromosom abnormal yang disebut dengan kromoson Philadelphia ditemukan pada sekitar ini hampir banyak pasien dengan leukemia mielositik kronis. Perubahan genetik juga telah ditemukan dalam tumor otak dan kanker usus besar, panyudara, paru paru, dan tulang

Berdasarkan sifatnya neoplasma atau tumor dibedakan dalam beberapa kategori sebagai berikut :

  • Tumor Ganas

Tumor ganas mmemiliki  karakteristik yang tidak memperlihatkan diferensiasi disertai anaplasia dan struktur yang sering atau tidak khas dengan jaringan asa. Tumor ganas memiliki laju pertumbuhan yang tidak dapat diprediksi dengan gambatan mitotik  yang mungkin banyak dan abnormal. Tumor ganas akan melakukan invasif  lokal, menginfiltrasi  jaringan normal di sekitarnya, kadang kadang akan tampak kohesif dan ekspansil tetapi dengan invasi mikroskopik.pada tumor ganaas metastasis sering ditemukan, semakin besar dan semakin kurang berdiferensiasi tumor primer dan semakin besar.

  • Tumor Jinak

Pada tumor jinak ini memiliki berdiferensiasi baik dengan struktur yang khas dengan jaringan asal. Laju pertumbuhan tumor jinak biasanya progresif dan lambat dan dikemungkinan berhenti tumbuh atau menciut, dengan gambaran mitotik jarang dan normal. invasi dari tumor jinak yang bersifatu kohesif dan ekspansil, yang tidak menginvasi atau menginfiltrasi jaringan normal di sekitarnya. Pada tumor jinak tidak ditemukan metastasis.

Jenis jenis Kanker

Kanker dapat terjadi di semua organ tubuh dari otak hingga kaki. berbdasarkan jenisnya para ahli memberikan nama kanker sebagai berikut :

  1. Proses Terkenanya Kanker Karsinoma

Jenis kanker yang berasal dari sel yang melapisi permukaan tubuh atau permukaan saluran tubuh, misalnya jaringan seperti sel kulit, testis, ovarium, kelenjar mucus, sel melanin, payudara, leher rahim, kolon, rectum, lambung, pancreas, dan esofagus.

  1. Proses Terkenanya Kanker Limfoma

Jenis kanker yang berasal dari jaringan yang membentuk darah, misalnya jaringan limfe, lacteal, limfa, berbagai kelenjar limfe, timus, dan sumsum tulang. Limfoma spesifik antara lain adalah penyakit Hodgkin (kanker kelenjar limfe dan limfa)

  1. Proses Terkenanya Kanker Leukimia

Kanker jenis ini tidak membentuk massa tumor, tetapi memenuhi pembuluh darah dan mengganggu fungsi sel darah normal.

  1. Proses Terkenanya Kanker Sarkoma

Yaitu jenis kanker dimana jaringan penunjang yang berada dipermukaan tubuh seperti jaringan ikat, termasuk sel sel yang ditemukan diotot dan tulang.

  1. Proses Terkenanya Kanker Glioma

Yaitu kanker susunan syaraf, misalnya sel sel glia (jaringan penunjang) di susunan saraf pusat.

  1. Proses Terkenanya Kanker Karsinoma in situ

Yaitu istilah yang digunakan untuk menjelaskan sel epitel abnormal yang masih terbatas di daerah tertentu sehingga masih dianggap lesi prainvasif (kelainan/luka yang belum memyebar)

 Pencegahan terhahap Penyakit Kanker

Sebagian besar jenis kanker dapat dicegah dengan kebiasaan hidup sehat sejak usia muda dan menghindari faktor faktor penyebab kanker.

Meskipun penyebab proses terkenanya kanker secara pasti belum diketahui, setiap orang dapat melakukan upaya pencegahan dengan cara hidup sehat dan menghindari dari proses terkenanya  kanker :

  1. Mengenai makanan :

  • Membatasi minuman alkohol
  • Mengurangi makanan berlemak yang berlebihan
  • Lebih banyak makan makan berserat
  • Lebih banyak makan sayur sayuran berwarna serta buah buahan, beberapa kali sehari
  • Mengutangi makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama
  • Lebih banyak makan makanan segar
  1. Periksakan kesehatan anda secara teratur
  2. Upayakan kehidupan yang seimbang dan hindari stress
  3. Hindari kebiasaan merokok, yang sebaiknya bagi perokok aktif hentikan kebiasaan tersebut jika terlalu sering akan berdampak lebih parah dan dapat mengakibatkan penyakit kanker paru paru
  4. Hindari diri dari peneyakit akibat hubungan seksual

    Proses Terkenanya Kanker


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Penyakit Kanker. Bookmark the permalink.

Comments are closed.