Pengobatan Kanker

Macam-macam metode pengobatan kanker

Metode Kedokteran

  • Kemoterapi

Kemoterapi memiliki prinsip kerja yaitu meracuni atau membunuh sel-sel kanker, mengontrol pertumbuhan sel kanker, dan menghentikan pertumbuhannya agar tidak menyebar atau untuk mengurangi gejala-gejala yang disebabkan oleh kanker.  Kemoterapi dapat menjangkau sel-sel kanker yang mungkin sudah menjalar dan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Tingkat keberhasilan kemoterapi juga berbeda-beda tergantung jenis kanker-nya.

  • Radiasi (Penyinaran)

Radiasi biasanya dilakukan sebelum atau sesudah operasi untuk mengecilkan tumor. Radiasi dilakukan dalam usaha menghancurkan jaringan-jaringan yang sudah terkena kanker.  Efek samping Radiasi adalah mual dan muntah, penurunan jumlah sel darah putih, infeksi/peradangan, reaksi pada kulit seperti terbakar sinar matahari, rasa lelah, sakit pada mulut dan tenggorokan, diare dan dapat menyebabkan kebotakan.

  • Pembedahan

Pembedahan merupakan bentuk pengobatan kanker yang paling tua. Beberapa kanker sering dapat disembuhkan hanya dengan pembedahan jika dilakukan pada stadium dini.

Namun untuk beberapa kasus, pengobatan kanker terbaik merupakan kombinasi dari pembedahan, radiasi dan kemoterapi. Pembedahan atau radiasi mengobati kanker yang daerahnya terbatas, sedangkan kemoterapi bertujuan membunuh sel-sel kanker yang berada diluar jangkauan pembedahan maupun radiasi. Terkadang radiasi atau kemoterapi dilakukan sebelum pembedahan untuk memperkecil ukuran tumor atau setelah pembedahan untuk menghancurkan sisa-sisa sel kanker yang mungkin tersisa.

Metode Alternatif

  • Ramuan Tradisional – Ramuan ini bersifat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah dan melawan sel kanker, ada juga yang bisa membunuh sel kanker secara langsung, atau mencegah penyebaran kanker.
  • Akupuntur, Akupresur, Tenaga Dalam, dan Pijat – Termasuk jenis pengobatan secara fisik. Memang secara medis belum terbukti dapat menyembuhkan kanker secara langsung, namun diakui bisa mengurangi rasa sakit, menimbulkan rasa nyaman, menghilangkan stress, dan meningkatkan kualitas hidup sehingga si penderita lebih siap menjalani pengobatan medis.
  • Pengobatan Psikis – Seperti Doa, Hipnotis, terapi Musik, Aromaterapi, Yoga, Meditasi, dsb.
  • Supplemen Kesehatan – Madu, royal jelly, propolis, sirip ikan hiu, minyak ikan, chlorella, teh hijau, ginseng dsb yang diklaim bisa menyembuhkan kanker. Demikian juga vitamin A dan beta karoten, vitamin B, C, E, K sebagai antioksidan untuk mencegah pembentukan dan penyebaran sel kanker.
  • Pengobatan Herbal Tanaman Obat Anti Kanker –  Keladi Tikus, Sari Buah Merah, Sarang Semut, Mengkudu, Jati Belanda, Cakar Ayam, Tapak Dara, Daun Dewa, dan lain sebagainya. Pengobatan herbal adalah salah satu alternatif pengobatan yang banyak digunakan orang karena terbukti efektif, tanpa efek samping dan relatif murah biayanya.

Karena kanker sendiri merupakan a class of diseases, maka dapat dikatakan bahwa tidak ada satu solusi pengobatan untuk semua. Yang disarankan adalah menggunakan kombinasi pengobatan-kanker yang disesuaikan dengan kondisi pasien (psikis, psikologis & keuangan), jenis kanker, lokasi maupun stadium yang dialami.



=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in ciri ciri penyakit kanker, jenis penyakit kanker, macam macam penyakit kanker, obat kanker, penyakit kanker and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.