Makanan Untuk Penderita Kanker

Penderita kanker yang sedang menjalani pengobatan, sering mengalami efek samping berupa mual dan hilang nafsu makan. Untuk mengtasinya, disarankan memilih makanan yang mengandung cukup kalori (untuk menjaga berat badan), cukup protein (untuk membangun jaringan tubuh yang rusak), cukup vitamin dan mineral serta air (penting untuk fungsi tubuh).

Dengan makanan sehat  untuk penderita kanker dan terapi yang tepat, kemampuan tubuh menghasilkan antibodi untuk membersihkan virus kanker akan meningkat, dan kemungkinan sembuh semakin besar.

1. Terapi Nutrisi

Ahli nutrisi percaya yang menyebabkan kanker adalah makan yang tidak baik, sehingga untuk menyembuhkan kanker juga harus dengan makanan. Kebutuhan nutrisi penderita kanker sangat individual dan berubah dari waktu ke waktu selama perjalanan penyakit, serta tergantung dari terapi yang dijalani.

Penderita disarankan mengonsumsi makanan yang juga berfungsi sebagai obat, bersifat nutrasetikal yaitu bahan pangan atau bagian dari pangan yang memberikan manfaat medis, termasuk mencegah dan mengobati penyakit kanker. Nutrasetikal terdiri atas herbal, suplemen, dan minuman nutrasetikal. Herbal dapat berbentuk bumbu dapur, sayuran dan buah-buahan. Suplemen berupa vitamin dan mineral, minuman nutrasetikal dapat berupa air jahe, kunyit asam, dan beras kencur, air kacang hijau, susu kedelai, dsb. Intinya cara yang efektif adalah dengan tidak memberi makanan yantg disukai sel kanker.

-Sayur dan Buah 

Secara umum 80% makanan harus berupa sayuran segar, biji-bijian, sereal, dan buah-buahan, 20% makanan yang dimasak (direbus, dikukus)

-Lemak dan Protein 

Lemak cenderung memicu pembentukan kanker. Namun ada jenis lemak yang melindungi tubuh dari serangan kanker, yaitu asam lemak, omega 3 berupa asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dekosaheksanoat (DHA). EPA dan DHA bekerja dengan menstimulasi produksi prostasiklin. Zat ini berfungsi melebarkan pembuluh darah, menghambat pembentukan gumpalan darah, serta menghambat masuknya kolesterol jahat/LDL ke dinding pembuluh darah.

Yang baik adalah makanan rendah lemak, ikan, ayam dan telur ayam kampung dan kacang-kacangan, hati sapi yang dikeringkan, yang menurut studi secara sinergis menyembuhkan dan memulihkan hati yang rusak, membersihkan dan membangun darah, dan memulihkan keseimbangan asam-basa tubuh.

-Karbohidrat

Karbohidrat bisa dikonsumsi seperti kentang, ubi atau talas. Nasi tidak dianjurkan, karena karbohidratnya tinggi.

Yang Harus Dipantang 

Makanan yang tertentu tidak boleh di konsumsi, karena mengandung zat yang mendorong pertumbuhan kanker, menurunkan jumlah oksigen dalam tubuh, bersifat karsinogen, menganggu peredaran darah, dan lain-lain. Contoh makanan yang sebaiknya tidak di konsumsi :

  • Sayuran : sawi putih, kangkung, cabai
  • Buah : durian, lengkeng, nangka, duku, nanas, anggur
  • Minuman : air es, alkhol, soda
  • Hewan laut : udang, kerang, cumi, kepiting
  • Daging : sapi, kambing, kerbau, bebek, babi, kalkun, burung, ayam negeri
  • Makanan yang dibakar : dipanggang, di gorentg berulang-ulang
  • Makanan yang di awetkan.

=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in obat kanker and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>